Kamis, 19 Januari 2017

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA

Di era globalisasi sekarang ini banyak sekali bermunculan social media. Bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan social media, bahkan pelajar sekolah dan anak-anak yang belum cukup umur juga sudah akrab dengan social media yang sekarang sedang berkembang. Berawal dari Friendster, kemudian Facebook, Twitter, Skype, Foursquare, Line, What’s App, Path, Instagram, Snapchat dan masih banyak lainnya. Banyak dampak yang dapat ditimbulkan dari pemakaian social media, berikut ini merupakan dampak positif dan negatif sosial media INSTAGRAM :




  • Aspek Sosial
Dilihat dari aspek sosial, pastinya Instagram punya banyak manfaatnya. Contohnya: ALS Ice Bucket Challenge? Nah, ini yang lagi rame banget di Instagram. ALS Ice Bucket Challenge ini adalah program charity yang dipersembahkan untuk orang-orang yang berpenyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) yang dibuat oleh user-user Instagram dengan cara post video ber-hashtag ALS Ice Bucket Challenge. ALS Ice Bucket Challenge ini sangat menyita masyarakat dan udah banyak masyarakat dunia dan para artis yang mem­­-postingvideo mereka karena rasa simpati mereka terhadap orang-orang yang berpenyakit ALS.
Untuk aspek sosial pastinya Instagram juga punya dampak negatifnya. Pertama, karena fitur-fitur Instagram yang kian lengkap, bisa memungkinkan banyak orang yang jadi malas bersosialisasi karena sudah keasyikan sama Instagram. Memang enggak semua orang tapi ada beberapa orang yang enggak mau bersosialisasi karena udah terlanjur kecanduan sama media sosial Instagram.

  • Aspek Ekonomi
Instagram ini dapat digunakan sebagai penunjang masalah ekonomi. Contohnya Online Shop. Lewat Instagram ini bertambahlah populasi yang namanya Online Shop, terutama di IndonesiaBanyak orang yang udah membuktikan kemudahan dalam berbelanja online di Instagram. Tidak perlu keluar tenaga banyak kita sudah bisa temukan apa yang kita mau. Mulai dari baju, celana, tas, sepatu, jam tangan, aksesoris, dan masih banyak yang lainnya, itu semua bisa kita temukan di Online Shop via Instagram. Jadi, wajar untuk kaum perempuan kalau mereka makin seneng shopping karena memang semuanya serba mudah, cepat, dan praktis.
Mudah dan cepat menjadi alasan kenapa perempuan-perempuan khususnya di Indonesia sangat menyukai belanja online.Dan karena itu juga yang menyebabkan tingkat pengeluaran melebihi batas alias boros.
  • Aspek Politik
Pengguna media sosial khususnya Instagram, tidak cuma dari kalangan rakyat biasa tapi juga para politikus dunia. Salah satu contohnya, Ibu Negara Republik Indonesia, Ani Yudhoyono.
Politikus-politikus ini ingin menunjukkan kepartisipasiannya terhadap Instagram yang juga bertujuan agar bisa lebih dekat dengan rakyatnya. Dan ternyata Instagram ini terbukti fungsional, kalau kita putar balik lagi ke masa Pilpres, pasangan Calon Presiden kita juga menggunakan Instagram sebagai media kampanyenya.
Dari segi politik pun Instagram punya dampak negatifnya. Dengan menjadikan Instagram sebagai media kampanye tentunya masalah black campaign bisa jadi dampak negatif utama dalam media sosial Instagram. Karena keberpihakkannya dengan salah satu pasangan Capres dan Cawapres, banyak user Instagram yang kurang pintar dalam mem-posting foto atau video mereka sehingga lebih banyak menimbulkan kontra karena ketidak benarannya post tersebut dan menimbulkan fitnah.
  • Aspek Religi
Sama halnya dengan para politikus, para ulama Indonesia juga udah mulai menjadi pengguna media sosial Instagram dan menjadikan Instagram sebagai salah satu media mereka untuk bersyiar.
Dampak negatif Instagram di aspek religi juga sama halnya dengan dampak negatif di aspek politik. Banyak orang yang salah paham dan akhirnya malah bertengkar karena post dari sang ulama.
  • Dunia Fashion
Tidak bisa dipungkiri kalau dunia fashion di media sosial semakin bertambah karena Instagram, dengan mencari kata kunci yang hastag OOTD (Outfit of The Day), kita sudah bisa dapetin foto dengan berbagai macam gaya berbusana yang stylish, simple, glamour, dan yang lainnya. Tidak perlu repot-repot lagi beli majalah, cukup lewat Instagram.
Dunia fashion makin dibanjiri dengan banyaknya gaya busana. Dan banyak juga gaya busana yang mengambil dari budaya barat.
Kesimpulan yang saya dapat ambil yaitu, bagaimana cara si pengguna dalam memakai media sosial. Jika si pengguna menggunakan untuk hal-hal baik maka dia akan mendapatkan dampak positif dari sosial media. Namun jika si pengguna menggunakan media sosial untuk hal-hal yang cenderung tidak baik, maka dampak negatiflah yang akan dia dapat.

DAFTAR PUSTAKA:
http://fzahrah.blogspot.co.id/2014/10/dampak-positif-dan-negatif-sosial-media.html?m=1
https://lulukisroiyah.wordpress.com/2016/01/18/dampak-positif-serta-negatif-instagram/

0 komentar:

Posting Komentar