Dalam dunia
penjualan ada berbagai macam teori yang berkaitan dengan teknik-tekniuk
menjual. Teori-teori ini mengajarkan bagaimana mengawali dan mengakhiri
proses penjualan dengan sukses , yaitu dari menarik minat calon pembeli sampai
pada memberikan keputusan kepada pembeli terhadap produk yang ditawarkan. Salah
satu teori menjual yang akan dikemukakan adalah teori AIDAS.
Teori ini
menerangkan dengan rinci mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh
seorang penjual didalan melakukan kegiatan penjualan. Tahapan-tahapan teori
AIDAS adalah sebagai beikut.
1. Attention (Perhatian)
Pada tahap ini , penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual. untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, penjual harus memperhatikan sikap, tindak tanduk, bahasa, cara berbicara , dan cara berpakain. Kesan pertama yang baik akan berpengaruh positif pada terjadinya penjualan.
2. Interest (Minat)
Pada tahap ini, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang semakin kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan, menanamkan kepercayaan kepada calon pembeli agar merasa dirinya sebagai orang penting, memberikan jalan untuk mempermudah pembeli membuat keputusan serta melakukan pendekatan kepada calon pembeli.
3. Desire (Keinginan)
Perlu diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan membeli tidaklah sama. Hal-hal yang dapat mempengaruhinya antara lain adalah faktor pendapatan, jenis kelamin,pendidikan, status sosial, dan sebagainya. Untuk itu pada tahap ini penjual harus bisa meyakinkan kepada pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon pembeli apabila calon pembeli membeli produk yang ditawarkan serta kerugian yang dialamai jika tidak membeli produk tersebut.
4. Action (Tindakan)
Pada tahap ini penjualharus meyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.
5. Satisfaction (Kepuasan)
Pada tahap ini penjual harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan yang dijelaskan. Harga yang ditetapkan pun harga yang pantas, sehingga pembeli merasa puas dan selanjutnya menjadi langganan. Untuk itu, seorang penjual yang baik adalah penjual yang mampu dan mau mengarahkan, membimbing dan memberi petunjuk temtang keguanaan maupun efek samping dari produk yang ditawarkan.
1. Attention (Perhatian)
Pada tahap ini , penjual harus berusaha agar calon pembeli memperhatikan penawaran yang dilakukan calon penjual. untuk mendapatkan perhatian dari calon pembeli, penjual harus memperhatikan sikap, tindak tanduk, bahasa, cara berbicara , dan cara berpakain. Kesan pertama yang baik akan berpengaruh positif pada terjadinya penjualan.
2. Interest (Minat)
Pada tahap ini, penjual harus mengubah perhatian calon pembeli menjadi minat yang semakin kuat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan, menanamkan kepercayaan kepada calon pembeli agar merasa dirinya sebagai orang penting, memberikan jalan untuk mempermudah pembeli membuat keputusan serta melakukan pendekatan kepada calon pembeli.
3. Desire (Keinginan)
Perlu diketahui, bahwa kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan membeli tidaklah sama. Hal-hal yang dapat mempengaruhinya antara lain adalah faktor pendapatan, jenis kelamin,pendidikan, status sosial, dan sebagainya. Untuk itu pada tahap ini penjual harus bisa meyakinkan kepada pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang akan didapat calon pembeli apabila calon pembeli membeli produk yang ditawarkan serta kerugian yang dialamai jika tidak membeli produk tersebut.
4. Action (Tindakan)
Pada tahap ini penjualharus meyakinkan kepada pembeli bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.
5. Satisfaction (Kepuasan)
Pada tahap ini penjual harus memastikan bahwa kualitas produk yang ditawarkan sesuai dengan yang dijelaskan. Harga yang ditetapkan pun harga yang pantas, sehingga pembeli merasa puas dan selanjutnya menjadi langganan. Untuk itu, seorang penjual yang baik adalah penjual yang mampu dan mau mengarahkan, membimbing dan memberi petunjuk temtang keguanaan maupun efek samping dari produk yang ditawarkan.
*Jelaskan AIDAS sebagai teknik menjual,sehingga mencapai keberhasilan
?
Untuk dapat menghasilkan keuntungan,
para penjual membutuhkan teknik menjual. Teknik penjualan tersebut juga
digunakan untuk meyakinkan para pembeli untuk membeli produk yang dijual dan
tidak dapat lepas dari produk tersebut.
Dalam unsur Attention, penjual harus berhasil menarik perhatian pembeli. Sementara dalam unsur Interest, penjual harus berhasil memperkuat minat pembeli atas produk yang ditawarkan. Dalam unsur Desire, penjual harus meyakinkan pembeli dengan mepaparkan keuntungan yang akan didapat oleh pembeli. Lalu pada unsur Action, penjual harus meyakinkan pembeli bahwa keputusannya untuk membeli produk adalah benar dan pada unsur Satisfaction, penjual harus memastikan bahwa produk yang beli sesuai dengan apa yang telah ditawarkan.
AIDAS dapat membimbing penjual dalam mengawali dan mengakhiri proses penjualan dengan sukses. Penjualan dengan sukses adalah berhasil menarik minar calon pembeli dan berhasil meyakinkan pembeli untuk mengambil keputusan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penjual.
NAMA : GITA LARASATI
NPM : 53216069
KELAS : 2DF02
0 komentar:
Posting Komentar