Selasa, 25 April 2017

BAB 4 Perseroan Terbatas : Organisasi dan Transaksi Modal Saham (lanjutan)

vJENIS JENIS SAHAM DAN KARAKTERISTIK SAHAM

A.  Saham Biasa
Merupakan pemilik sebenarnya dari perusahaan. Mereka menanggung risiko dan mendapatkan keuntungan.

B.  Saham Preferen
Saham preferen ini mendapatkan hak istimewa dalam pembagian dividen dibanding dengan saham biasa.

C.  Kapan Investor Membeli Saham?
1.      Membeli pada saat penawaran umum atau biasa disebut Pasar Perdana / Penawaran Saham Perdana.
Jika Anda ingin membeli saham pada saat pasar perdana ini, Anda dapat mengisi Formulir Pemesanan Pembelian Saham (FPPS) yang terdapat pada prospektus ringkas atau yang terdapat pada Agen-agen Penjual Saham yang ditunjuk dan mengirimkan kembali formulir tersebut disertai dengan pengiriman dana ke alamat yang tertera pada formulir.

2.      Membeli saham yang telah beredar.
Salah satu fungsi penting dari keberadaan Bursa Efek di Indonesia pada saat ini adalah menyediakan jaringan perdagangan Efek atau sebagai pasar sekunder untuk setiap Efek yang tercatat di bursa. Melalui jaringan perdagangan inilah para Anggota Bursa melaksanakan perdagangan Efek, diantaranya kegiatan beli dan jual Saham.


D.  Untuk Apa Membeli Saham?
1.      Memberikan potensi keuntungan yang tinggi
2.      Jangka panjang pasti memberikan hasil
3.      Jika harga saham naik, akan untung . jika harga saham turun juga akan untung
4.      Dana dapat dicairkan dengan mudah
5.      Dapat berinvestasi dengan modal minim


E.  Kenapa Harus Memilih Saham?
1.      Dividen
Yaitu pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan penerbit saham tersebut atas keuntungan yang dihasilkan perusahaan, deviden diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Deviden yang dibagikan perusahaan dapat berupa deviedn tunai artinya kepada setiap pemegang saham diberikan deviden berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham atau dapat pula berupa deviden stock yang artinya setiap pemegang saham diberikan deviden sejumlah saham sehingga sejumlah saham yang dimiliki investor bertambah dengan adanya pembagian dividen stock tersebut.

2.      Capital Gain
Capital gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual, dimana harga jual lebih tinggi dari harga beli, capital gainterbentuk dengan adanya aktifitas perdagangan di pasar sekunder. Misalnya seorang pemodal membeli saham BUMI dengan harga per lembar Rp.5000 kemudian menjualnya dengan harga Rp.5500 per lembarnya, yang berarti pemodal tersebut telah mendapatkan capital gain sebesar Rp.500 untuk setiap saham yang dijualnya. Umumnya pemodal dengan orientasi jangka pendek untuk mengejar keuntungan melalui capital gain.

3.      Saham Bonus
Saham bonus (jika ada) yaitu saham yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham yang diambil dari agio saham, agio saham adalah selisih antara harga jual terhadap harga nominal saham tersebut pada saat perusahaan melakukan penawaran umum dipasar perdana, misalnya setiap saham dengan nilai nominal Rp.500 dijual dengan harga Rp.800 maka setiap saham akan memberikan agio kepada perusahaan sebesar Rp.300 setiap sahamnya.

 vMACAM MACAM SAHAM PREFEREN
1.      Saham preferen komulatif dan non komulatif
Saham preferen komulatif adalah saham yang menetapkan jika perusahaan tidak mengumumkan dividen untuk golongannya, dividen ini akan diakumulasikan dan harus dibayar kemudian hari sebelum dividen dibayarkan kepada para pemegang saham biasa. Sedangkan non komulatif adalah jenis saham yang tidak memerlukan penetapan jumlah dividen yang berlaku. Dividen ini tidak dibayarkan pada tahun tertentu, berarti tidak akan dibayarkan untuk selamanya.

2.      Saham preferen konvertibel

3.      Saham prefen yang dapat ditarik
Adalah saham yang dapat ditarik jika saham itu dapat ditebus sesuai dengan kehendak perusahaan tersebut.

4.      Saham preferen yang dapat ditebus


vSAHAM TREASURE
Definisi
Saham Treasure adalah saham sendiri yang dibeli kembali dan disimpan atas nama perseroan dan tidak dihentikan peredarannya secara normal.

Ø  Alasan perusahaan membeli saham treasure
·         Untuk memperkecil jumlah pajak
·         Untuk menaikkan harga saham
·         Untuk mengurangi jumlah pemegang saham

Ø  Akuntansi saham treasure
·         Saham ini harus dilaporkan sebagai pengurang terhadap modal sendiri secara total
·         Tidak boleh dianggap seagai aktiva

0 komentar:

Posting Komentar