Minggu, 01 April 2018

KOMUNIKASI BISNIS

DEFINISI KOMUNIKASI BISNIS
pengertian komunikasi bisnis | adalah terdiri dari dua suku kata, yaitu komunikasi dan bisnis. Komunikasi sendiri adalah sebagai aktivitas dasar manusia untuk berhubungan dengan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis adalah suatu struktur secara dinamis, dari pertukaran gagasan, perasaan dan usaha bersama, dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Bisnis hanya bisa dilakukan apabila ada dua orang atau lebih yang berinteraksi dan berkomunikasi. Bisnis bisa dilakukan baik seseorang atau suatu badan, dengan bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.

TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS
Tujuan komunikasi bisnis menurut James J. Floyd dan Jerry L. Winsor dan B Curtis diantaranya adalah:
1. Menyelesaikan Masalah dan Membuat Keputusan.
Pendapat ini sangat tepat karena semakin tinggi seseorang dalam suatu bisnis, maka seseorang tersebut akan bergantung kepada keahlian sesorang dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk mencapai sebuah keberhasilan.
2. Mengevaluasi Perilaku.
Penilaian diperlukan oleh para anggota organisasi guna mengetahui dan untuk mengoreksi hal-hal apa saja yang akan dan telah dilakukan terhadap prestasi mereka. Penilaian semacam ini juga memerlukan kepekaan dan keahlian komunikasi.
3. Pemenuhan kebutuhan barang dan jasa
Menurut Soeganda Priyatna, pemenuhan kebutuhan barang yang diperlukan masyarakat adalah tujuan komunikasi bisnis. Tujuan kegiatan bisnis sendiri adalah untuk memperoleh laba. Setiap organisasi menetapkan tujuan bisnisnya berkaitan dengan sistem nilai masyarakat tempat organisasi atau lembaga bisnis tersebut beroperasi.

FUNGSI KOMUNIKASI BISNIS
Fungsi dari komunikasi bisnis menurut sutrisna dewi adalah:
1. Informatif
Setiap informasi sangat dibutuhkan oleh pimpinan dan anggota organisasi guna menyelesaikan setiap tugas-tugas mereka. Informasi tersebut digunakan sebagai upaya organisasi untuk mencapai tujuannya.
2. Pengendalian (Regulatory)
Komunikasi bisnis sangat berfungsi sebagai pengatur dan pengendali organisasi. Prosedur, perintah peraturan dan laporan inilah yang disebut berupa komunikasi bisnis.
3. Persuasif
Dengan komunikasi, bisa digunakan untuk mengajak, mengikuti atau menjalankan ide/ gagasan atau tugas.
4. Integratif
Komunikasi memungkinkan membagi organisasi menjadi beberapa bagian atau departemen akan tetap merupakan satu kesatuan yang utuh.
Bentuk Komunikasi Bisnis
Setiap perusahaan memiliki cara tersendiri dalam melakukan komunikasi bisnis. Contohnya perusahaan kecil, penyampaian informasi bisa dilakukan secara langsung kepada karyawan atau pihak lain. Sedangkan bagi perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan tentu penyampaian informasi tersebut harus dilakukan secara khusus.
Menurut Djoko Purwanto, pola komunikasi bisa dikelompokkan menjadi saluran komunikasi formal (formal communications channel) dan saluran komunikasi nonformal (informal communications channel)
1. Saluran Komunikasi Formal
Dalam struktur organisasi garis, fungsional atau matriks, dalam kaitannya dengan proses penyampaian informasi dari manajer ke bawahan atau sebaliknya, pola transformasi informasinya bisa berbentuk dari atas ke bawah atau bawah keatas ( top down atau downward communications), komunikasi dari bawah ke atas ( bottom-up atau upward communications ), komunikasi horizontal ( horizontal communicatons ), dan komunikasi diagonal ( diagonal communications ).
1. Komunikasi dari atas kebawah, adalah komunikasi dari manajer dengan bawahannya. Aliran komunikasi tersebut biasanya berhubungan dengan tanggungjawab atau kewenangannya dalam suatu organisasi/bisnis. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengarahkan, mengordinasikan, memotivasi, memimpin, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang ada di level bawah. Jalur komunikasi dari atas (manajer) kebawah (karyawan) adalah penyampaian pesan yang isinya bisa berbentuk instruksi, perintah atau prosedur untuk dijalankan oleh para bawahan dengan baik.
2. Komunikasi dari bawah (karyawan) ke atas (manajer) adalah komunikasi yang isinya menyampaikan pesan yang bermula dari karyawan, selanjutnya disampaikan kepada bagian yang lebih tinggi, seperti bagian pabrik, manajer produksi dan manajer umum. Manajer yang bijak selalu memperhatikan aspirasi yang berasal dari karyawan. Karena dengan keterlibatan bawahan akan dapat membantu pencapaian tujuan organisasi atau bisnis.
3. Komunikasi Horizontal adalah komunikasi yang dilakukan antara bagian yang mempunyai posisi yang sejajar dalam organisasi bisnis. Komunikasi ini bertujuan untuk melakukan persuasi, mempengaruhi atau memberikan informasi kepada bagian atau departemen yang kedudukannya sejajar.
4. Komunikasi Diagonal, adalah komunikasi yang mellibatkan komunikasi antara dua tingkat (level) organisasi yang berbeda. Contohnya, adalah komunkasi antara manajer pemasaran denan bagian pabrik yaitu antara manajer bagian produksi dengan bag akuntansi atau manajer produksi dengan bagian promosi dan bagian keuangan dengan bagian penelitian. Keuntungannya, penyebaran informasi bisa menjadi lebih cepat dibandingkan dengan komunkasi bentuk tradisional.
2. Saluran Komunikasi Informal
Orang-orang dalam suatu jaringan komunikasi informal tidak memandang jenjang hirarki, pangkat atau kedudukan, bisa berkomunikasi secara luas. Meskipun pembicaraan hanya bersifat umum. Contohnya: mengobrol humor, anak-anak, keluarga dan terkadang membahas tentang situasi kerja pada organisasinya.


CONTOH SURAT KOMUNIKASI KEPADA KONSUMEN

Jakarta, 20 Februari 2015

Perihal       : Penawaran Barang
Lampiran  : 1 Buah Modul Rincian Barang dan Harga
                    1 Lembar Cara Pembelian dan Pembayaran

Kepada Yth,
Toko Elektronik Sanjaya
Jl. Muhammad Jam No. 22 Banda Aceh
Di Tempat


Dengan hromat,

Sehubungan Sehubungan dengan surat permintaan penawaran barang yang telah Anda kirimkan kepada kami, maka bersama surat ini kami menawarkan barang-barang yang tersedia pada Perusahaan Kami, berikut dengan rincian barang secara rinci, daftar harga, cara pembelian dan cara pembayarannya.

Untuk lebih jelasnya kami lampirkan beberapa lampiran sebagai penunjang penawaran kami kepada Toko Elektronik Sanjaya.

Berikut lampiran yang kami sertakan:
1. 1 Buah Modul Rincian Barang dan Harganya,
2. Cara Pembelian dan Pembayaran

Demikian surat penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,
Manager Marketing PT ABC ELEKTRONIK


Suhardi, SE



CONTOH SURAT KOMUNIKASI PERUSAHAAN DENGAN SDM

KOP SURAT PERUSAHAAN
SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)

No. 01/PT.LK/PHK/III/2013


Dengan ini,
Diberitahukan bahwa :

Nama : Ali Muhsin
Jabatan : Staff Operasional

Bersama ini diberitahukan kepada Sdr. Ali Muhsin bahwsannya PT. LINA KARANG, Tbk. memutuskan hugungan kerja dengan Anda.

Keputusan ini dibuat setelah menimbang beberapa hal penting, meliputi kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, dan kinerja Anda dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.

Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan pengertian Sdr, disampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.



Surabaya, 03 Maret 2013
Hormat kami,
PT. LINA KARANG, Tbk.

Dibuat oleh,


Djohar Ahs                                                                                             Randu Ayais
Officer Staff                                                                                           Manager



CONTOH SURAT KOMUNIKASI PERUSAHAAN KEPADA SUPPLIER

CUSTOMIZED BOX
BUNDA KREATIF 6 CIPUTAT TANGERANG
Telpon. : (021) 30125117 e-mail : box@bundainbiz.com
Jakarta, 9 Juni 2006

Nomor     : 005/Marketing-SP/VI/2006
Lampiran : 1 Berkas

Yth,
Diandrabizz
Bintaro Jaya
Jakarta

u.p. Bunda Ina

Perihal: Penawaran menjadi supplier Kemasan Produk
Kami, produsen kemasan produk dari bahan baku kertas bermaksud menawarkan kerjasama kepada Anda. Kami melihat produk jilbab Anda digemari banyak orang dan banyak yang memakai produk Anda sebagai hadiah dan kami memiliki kemasan yang unik sebagai pelengkap produk Anda.

Kami memproduksi Customized Box dengan berbagai tema, ukuran, dan jenis. Kami namakan Customized Box karena kemasan yang kami buat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bersamaan surat ini, kami lampirkan spesifikasi beserta harga masing-masing item dari produk kami.

Kami yakin produk kami tidak akan mengecewakan Anda. Semoga kita bisa bekerja sama. Terima kasih.


Divisi Marketing,


Nadia Yuniardo


CONTOH SURAT KOMUNIKASI PERUSAHAAN DENGAN PEMERINTAH

Jakarta,11 Januari 2017

Lampiran         :4 (empat) berkas                                                        Kepada Yth,               
Perihal             : Permohonan impor tanpa API                                  Direktor impor           
                          Dan tanpa ijin IT Telepon Seluler                            Kementrian Perdagangan
                                                                                                            Jln. M.I.Ridwan Rais                                                                                                                              Jakarta- Pusat


Dengan Hormat,

Dengan ini diberitahukan bahwa kami telah menerima kiriman barang melalui FEDEX sebagai berikut :

Nama barang                          : Perangkat komunikasi ( telepon seluler)

Jumlah                                     : 5 (lima)

Negara Asal                            : China

Pelabuhan Tujuan                   : Soekarno Hatta Internasional Airport, Jakarta

No. Airrwaybil                        :

Invoice No                               :

KTP                                          :

Barang tersebut akan digunakan sendiri untuk keperluan sendiri dan tidak diperjual belikan, Sehubungan dengan hal tersebut di atas dan mengingat barang tersebut telah tiba di Jakarta, maka kami mohon agar Bapak Direktor Impor Kementrian Perdagangan berkenan memberikan persetujuan impor tanpa API dan dapat dikecualikan dari peraturan Mentre Perdagangan No, 82/M-DAG/PER/12/2012 tentang Ketentuan Impor Telepon Seluler, Komputer Genggam ( Handheld) dan computer tablet.
Demikian , atas perhatian dan kebijakan, kami ucapkan terima kasih.


CONTOH SURAT KOMUNIKASI PERUSAHAAN KEPADA INVESTOR
Kepada Yth.
Toko Mas Jaya


Perihal  : Penawaran Investasi
Lampiran : Skema Investasi & Company Profile


Dengan hormat,

Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu dalam bidang perdagangan retail perlengakapan wanita, maka bersama ini kami ajukan penawaran pembuatan barang berupa tas wanita berkualitas produksi kami untuk diperdagangkan di toko Bapak/Ibu.

Bersama ini pula perlu kami sampaikan bahwa produk kami yang berupa tas, sepatu, pakaian dan perlengkapan wanita lainnya merupakan produk berkualitas karena telah berpengalaman sejak tahun 1986. Saat ini produk kami telah memiliki pangsa pasar yang luas, tersebar di toko-toko retail di 5 kota di seluruh Indonesia, seperti Medan, Padang, Jakarta, Bandung, dan Surabaya, dengan harga jual yang kompetitif. Untuk spesifikasi yang lebih jelas mengenai produk kami, bersama surat ini kami sampaikan pula brosur produk kami tersebut.

Bersama surat penawaran ini kami dengan bangga akan mengelola investasi Bpk. Pada proyek-proyek kami yang On-Progress. Berikut Kami lampirkan skema investasi yang kami tawarkan .

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat Kami,




http://www.akuntansilengkap.com/bisnis/pengertian-komunikasi-bisnis-tujuan-bentuk-manfaat/
https://www.scribd.com/doc/192866538/Contoh-Permohonan-impor-tanpa-API
https://contohsuratanda.blogspot.co.id/2016/09/contoh-surat-bisnis.html
http://bankcontohsurat.blogspot.com/2016/09/contoh-surat-pengantar.html

0 komentar:

Posting Komentar